Macam Macam Mata Pelajaran yang Dipelajari SMK Logistik Bekasi

MANAJEMEN TRANSPORTASI

Manajemen Transportasi mempelajari tentang perencanaan, pengoperasian, perancangan, dan pemeliharaan sistem transportasi, baik transportasi darat, laut dan udara. Kamu akan belajar bagaimana menghitung biaya operasional kendaraan, menganalisa kebijakan tarif, menganalisa rute transportasi yang paling efektiif dan efisien dalam penggunaan waktu dan bahan bakar serta fasilitas.

Mata pelajaran ini mempelajari :

1. Tata Cara Penentuan Route/Trip Kendaraan Pengangkutan Kiriman

VRP dapat didefinisikan sebagai per-masalahan mencari rute dengan ongkos minimal dari suatu depo ke pelanggan yang letaknya tersebar dengan jumlah permintaan yang berbeda-beda. Rute dibuat sedemikian rupa sehingga setiap pelanggan dikunjungi hanya satu kali oleh satu kendaraan.

Salah satu varian VRP adalah Vehicle Routing Problem with Multiple Trips and Time Windows (VRPMTTW).

2. Pengumpulan Data dan Informasi Untuk Perencanaan Rute dan ModaModa

Perencanaan transportasi adalah suatu perencanaan terkait prasarana transportasi seperti jalan, terminal, pelabuhan, pengaturan serta sarana untuk mendukung sistem transportasi yang efisien, aman dan lancar serta berwawasan lingkungan.Tujuan Dasar Perencanaan transportasi adalah untuk memperkirakan jumlah dan lokasi kebutuhan akan transportasi (jumlah perjalanan, baik untuk angkutan umum ataupun angkutan pribadi) pada masa yang akan datang (tahun rencana) untuk kepentingan kebijaksanaan investasi perencanaan transportasi shg efektif, efisien. dan ekonomis.

3. Tata Cara Mengajukan Klaim Kehilangan atau Kerusakan Barang

4. Klasifikasi Jenis Barang Barang Berbahaya

5. Prosedur Pengangkutan Barang Berbahaya

6. Prosedur Penerimaan Barang Dari Pengirim/Pemilik Barang Kepada Perusahaan Angkutan Darat


FREIGH FORWARDING

Freight forwarder adalah agen yang bertindak atas nama importir, eksportir atau perusahaan atau orang lain untuk mengatur transportasi yang aman, efisien dan hemat.

Freight forwarder mengatur cara terbaik untuk transportasi dengan mempertimbangkan jenis barang dan persyaratan pengiriman.

1. Mengklasifikasikan Konveri/Peraturan Internasional Terkait Pengangkutan Ekspor Impor

2. Menerapkan Syarat dan Ketentuan Freigh Forwarding

3. Melaksanakan Sistem Manajemen Mutu Dalam Freigh Forwarding

4. Perdagangan Internasional 

Perdagangan International adalah kegiatan jual bell. oleh dua atau lebih negara.

5. Peranan dan Tanggungjawab Freigh Forwarding

• Perantara "Cargo Intermediary"

• Wakil Pemilik Barang "Cargo Agent"

• Pengangkut "Contractual Carrier"

• Principal "Cargo Consolidator"

• Konsultan "Consultant"

6. Pengangkutan

Pengangkutan berasal dari kata "angkut" yang artinya "bawa" atau "muat dan kirimkan".

7. Jenis jenis Cargo

• Sifat dan wujud/keadaan barang

• Keberagaman jenis barang

• Karakteristik Permuatan

• Jenis pembungkusan atau kemasan

• Stowage factor


PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN 

Yang di pelajari dalam mata pelajaran ini adalah :

1. Sikap dan perilaku wirausahawan

2. Menganalisis peluang usaha

Analisis peluang usaha adalah suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui Apakah usaha tersebut dapat dikerjakan dilaksanakan dan memberikan keuntungan di kemudian hari.

3. Menganalisis kebutuhan sumberdaya usaha

Empat kelompok sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha yaitu :

• Sumber daya material

• Sumber daya finansial

• Sumber daya manusia

• Sumber daya informasi

4. Sistem produksi produk usaha

• Pencarian gagasan

• Seleksi produk

• Desain produk pendahuluan

• Pengujian produk

• Desain akhir 

5. Produksi Layanan Usaha

6. Media Promosi Online

Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang di lakukan antar seseorang atau suatu unit usaha dan masyarakat luas,dengan tujuan memperkenalkan suatu produk sekaligus memengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.

7. Pemasaran Produk Usaha

Menurut Kotler pemasaran adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial.

8. Konsep Dasar Layanan Usaha

layanan adalah tindakan yang diberikan oleh produsen kepada konsumennya dalam rangka menarik minat konsumen.

9. Layanan Prima

10. Klasifikasi Pelanggan Usaha

Pelanggan merupakan individu atau pihak yang Melakukan pembelian untule memenuhi kebutuhan hidupnya.

11. SOP Layanan Usaha

12. Media Promosi Pemasaran

• Promosi langsung

• Promosi media offline

• Promosi media online


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cheeseroll Stik Rawalumbu, Bekasi

Jurusan Sekolah SMK Industri Kreatif

Perbedaan Hari Lahir Pancasila dan Kesaktian Pancasila